Resensi Novel Surat Kecil Untuk Tuhan



MAMPU BERTAHAN HIDUP
DARI LIMA HARI MENJADI TIGA TAHUN





                                                                        

Judul             :   Surat Kecil Untuk Tuhan
Penerbit         :   Inandra Published, Jakarta
Penulis           :   Agnes Davonar
Kategori        :   True Story
Cetakan        :   ke-13, 2011
Tebal             :   234+ x hlm ; 19 cm
Harga Buku   :   Rp 38.800


             Novel Surat Kecil Untuk Tuhan adalah sebuah novel karya Agnes Davonar. Penulis novel ini telah banyak melahirkan cerita yang begitu dekat dengan pembacanya sebelum akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menuliskan sebuah novel yang diangkat dari kisah nyata perjuangan seorang gadis remaja Indonesia yang menderita kanker jaringan lunak (Rabdomiosarkoma) pertama di Indonesia.
             
 Melalui kesempatan yang diberikan oleh orang tua dari gadis penderita kanker tersebut untuk menuliskan sebuah karya yang begitu indah seperti ini, Agnes Davonar mencoba memberikan gambaran yang jelas dan harapannya bagi pembaca agar dapat mengambil hikmah dan kekuatan bagi siapa pun untuk  percaya kepada sebuah keajaiban dari Tuhan.
             
 Pembaca akan dibawa ke sebuah kehidupan yang penuh dengan perjuangan dan sangat melelahkan, namun penuh dengan rasa syukur. Secara runtut, Agnes Davonar telah mampu merangkum kehidupan seseorang.
              
Gita Sesa Wanda Cantika atau Keke, gadis cilik berusia 13 tahun, demikian sang tokoh utama, hidup dalam keluarga yang bahagia, walau ibu dan ayahnya telah bercerai. Tapi hubungan keduanya tetap terjalin dengan baik. Keke dan kedua kakaknya tinggal bersama sang ayah. Hingga suatu hari, Keke mengalami sakit mata. Tadinya ia berpikir kalau ia tertular penyakit mata dari sang kakak, tapi ternyata itu bukan sakit mata biasa, melainkan kanker ganas, yaitu kanker jaringan lunak yang sudah masuk stadium tiga dan perkembangannya setiap lima hari akan terus tumbuh bertambah besar. Kanker inilah yang menyebabkan Keke kesulitan bernafas dan mata kirinya terus memerah serta mulai sulit melihat dengan jelas, seperti ada selaput putih tipis yang menutupi. Namun Keke tidak patah semangat. Keke tetap bersekolah dan melakukan aktivitas seperti biasanya. Keke bersyukur mempunyai sahabat dan keluarga yang selalu setia mendampinginya bahkan disaat sakit parah seperti ini.
             
 Bersama sang ayah dan kedua kakaknya, Keke menjalani berbagai macam pengobatan, mulai dari pengobatan tradisional sampai kemoterapi pun sudah dijalaninya. Perjuangan panjang Keke dalam melawan kanker itu ternyata membuahkan hasil, kanker tersebut sempat dinyatakan bersih dari tubuhnya. Namun kanker itu kembali setelah pesta kebahagiaan sesaat. Kanker yang pernah ada di bagian hidung, kini telah kembali dan berpindah serta bersarang di bagian mata pelipis kanan Keke. Keke sadar nafasnya di dunia semakin sempit. Ia tidak marah pada Tuhan, ia justru bersyukur mendapatkan kesempatan untuk bernafas lebih lama dari lima hari menjadi bertahan hingga tiga tahun lamanya, walaupun pada akhirnya ia harus menyerah dan menghadap Sang Pencipta.
         
 Keunggulan dari novel Surat Kecil untuk Tuhan di antaranya kertas yang digunakan dalam novel adalah kertas HVS putih, novel ini juga melampirkan beberapa foto perjuangan Keke dalam melawan kanker ganas hingga foto sahabat-sahabat Keke di pemakaman saat Keke menghadap Sang Pencipta. Novel ini juga dilengkapi dengan surat-surat kecil dan tulisan atau karya terakhir Keke semasa Keke hidup serta opini-opini dari keluarga, sahabat dan kekasih Keke mengenai keseharian Keke selama masih hidup. Kelemahan yang dimiliki novel ini di antaranya kata-kata penulis yang kadang membuat pembaca berimajinasi lain dalam menafsirkan kata-kata kiasan penulis.
           
Sistematika penyajian yang runtut dan sarat makna mengenai moral serta dapat menyadarkan kita bahwa segala cobaan yang diberikan Tuhan adalah sebuah keharusan yang harus dijalankan dengan rasa syukur dan beriman, menjadikan novel ini layak untuk dijadikan rujukan dan model bagi pembaca yang bisa menambah nilai moral remaja Indonesia.
         


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Nama Koreamu

Nama Fans Member EXO