Lima Keutamaan Dan Manfaat Sedekah






 



Lima Keutamaan Dan Manfaat Sedekah

1.      Dapat Menghapus Dosa dan Kesalahan
          Rasul SAW bersabda:
          “Bersedekahlah kalian, meski hanya dengan sebiji kurma. Sebab, sedekah dapat memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan, dan memadamkan kesalahan, sebagaimana air memdamkan api.”
          Beliau juga menasehatkan kepada para pedagang:
          “Wahai sekalian pedagang, sesungguhnya setan dan dosa menghadiri jual beli kalian, maka sertailah jual beli kalian dengan sedekah.”


2.     Melapangkan Jalan Ke Surga Dan Menyumbat Jalan Ke Neraka
          “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang di sediakan untuk orang-orang yan bertakwa. (Yaitu) orang-orang yang menginfakkan (hartanya), baik diwaktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali Imron : 133-134)
          Rasulullah SAW bersabda:
          “Buatlah penghalang antara dirimu dan api neraka walau hanya dengan separuh butir kurma.”

3.     Membawa Keberuntungan Dan Merupakan Pintu Gerbang Semua Kebaikan
          Allah SWT berfirman:
          “Dan barang siapa yang dipelihara diri dari kekikiran dirinyan, mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. AL Hasyr : 9)
          Dalam ayat lain, Allah juga menegaskan:
          “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menginfakkan sebahagian harta yang kamu cintai, dan apa saja yang kamu infakkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS. Ali Imron : 92)

4.     Akan Mendapat Naungan Di Padang Mahsyar
          Sedekah akan menolong pelakunya dari kesengsaraan dalam perjalanan menuju alam akhirat, Rasulullah SAW bersabda:
          “Setiap orang akan berada di bawah naungan sedekahnya, hingga diputuskannya perkara-perkara di antara manusia.” Di dalam hadits lain, Beliau juga bersabda: “Naungan seorang mukmin di hari kiamat adalah sedekahnya.” (Shahih Ibnu Khuzaimah 4/95)

5.     Pahalanya Akan Mengalir Terus Walaupun Telah Mati
          Rasulullah SAW bersabda:
          “Pahala amalan dan kebaikan yang bakal menghampiri seorang mukmin sepeninggalnya__Beliau menyebutkan di antaranya, (yakni) musyaf yang ia tinggalkan, masjid yang ia bangun, rumah untuk orang yang dalam perjalanan yang ia bangun, sungai yang ia alirkan, atau sedekah yang ia kelurkan dari hartanya dikala sehat dan hidupnya, maka ia akan bakal menghamprinya sepeninggalnya.”


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Nama Koreamu

Nama Fans Member EXO

Resensi Novel Surat Kecil Untuk Tuhan